Senin, 08 Juli 2013

Bagaimana cara membuat novel yang memiliki energi besar dan bisa memberikan gairah bagi pembaca? Ini adalah garis besar bagi Anda dengan menggunakan metode 30 hari, sampai menjadi snapshot yang utuh. Setelah menyelesaikan ini semua, Anda harus merasa memiliki bakat untuk membuat buku novel.
Saya menerjemahkan sebuah artikel menarik: “How To Write a Book In 30 Days dari laman guardian. Artikel tersebut merupakan draft pertama dalam 30 Hari (Writer Digest Books) oleh Karen Wiesner yang sudah disempurnakan. Wiesner telah memiliki 90 buku yang diterbitkan dalam 14 tahun terakhir, dan telah memenangkan 124 penghargaan. Aktivitas terbarunya menulis Fiksi Series, dan akan dicetak menjadi buku pada Mei 2013
Pedoman ini menurut penulisnya, setara dengan draft pertama naskah. Isinya sudah direvisi secara menyeluruh. Ini akan kelihatan setelah membaca semuanya ketika novel Anda selesai.
Dalam panduan ini, Anda akan bekerja dengan asumsi bahwa, draft pertama dari buku Anda bukanlah rancangan yang sepenuhnya telah utuh. Garis besar yang Anda buat selama 30 hari ke depan, akan menjadi fondasi baru.
Anda komitmen untuk metode 30-hari
Metode 30 hari membutuhkan banyak komitmen dari Anda sebagai penulis. Hal pertama yang Anda butuhkan untuk menjadi seorang penulis produktif adalah disiplin diri. Metode ini mengharuskan Anda untuk mengabdikan diri. Sebab, tidak semua orang dapat menyelesaikan garis rancangan pertama, persis 30 hari pada saat percobaan. Tapi bukan berarti Anda tidak mencoba untuk melakukannya.
Metode ini, sama seperti metode yang lain. Membutuhkan jumlah latihan yang cukup. Semakin Anda menggunakan metode ini, semakin banyak menghabiskan waktu dan usaha untuk menguraikannya. Di masa depan Anda mungkin melihat itu. Memiliki sedikit waktu untuk menulis draft penuh pertama dari buku Anda.
Apakah berarti Anda telah gagal jika membutuhkan waktu 90 hari (bukan 30 hari) untuk membuat sebuah novel? Tentu saja tidak. Jika Anda membutuhkan waktu lebih atau kurang dari itu untuk melakukan langkah-langkah tertentu, dalam prosesnya Anda dapat menyesuaikan jadwal dengan mudah.
Metode ini, akan membuat Anda bekerja lebih keras dibandingkan dengan yang pernah dilakukan sebelumnya. Beberapa orang akan menikmati tantangan menggunakan metode ini. Temukan apa yang bisa Anda lakukan dalam dalam jangka panjang, tidak hanya untuk saat ini saja. Bahkan,  jika Anda menemukan 30 hari berikutnya yang sulit, itu akan lebih mudah sebagai pengalaman.
Memahami metode jadwal 30-hari
Perlu diketahui! Masing-masing dari enam tahap dalam metode 30 hari memiliki jadwal tersendiri. Jadwal individu dibahas panjang lebar di awal setiap bab. Jangan khawatir, jika Anda harus membiarkan diri, satu hari atau dua hari untuk beberapa tugas.
Ketika Anda telah akrab dengan metode 30 hari, akan lebih mudah menemukan untuk taat dengan jadwal. Langkah pertama untuk menciptakan garis yang komprehensif sangatlah kasar. Garis awal yang Anda buat ditahap pertama tidak akan berisi segalanya. Anda hanya akan mendapatkan dasar-dasarnya saja.
Dari setiap langkah Anda, akan mengembangkan rincian lebih lanjut setiap aspek dari buku. Garis besar Anda akan tumbuh untuk mencerminkan itu, ketika Anda menulis draft pertama buku, evaluasi kembali outline secara berkala.
Kreativitas dan garis
Penulis yang belum mencoba menguraikan sistem 30 hari, akan memiliki banyak pertanyaan. Apakah mungkin garis besar bisa menjadi fleksibel? Dapatkah memperhitungkan individualitas saya sebagai penulis? Dapatkah saya terus menjadi kreatif dengan menggunakan outline?
Dapatkah saya menggunakan outline untuk menulis setiap genre fiksi? Apakah dengan menggunakan garis besar, akan mengurangi juga jumlah penulisan ulang yang harus saya lakukan? Apakah dengan menggunakan garis besar, akan membawa saya sedikit waktu untuk menyelesaikan sebuah proyek dari awal sampai akhir?
Meskipun demikian, banyak orang yang mencari metode agar dalam cara menulis novel, menghapus sukacita menciptakan. Mereka ingin sesuatu yang merampingkan proses.
Garis besar yang belum begitu lengkap, sebenarnya memenuhi syarat sebagai draft pertama novel. Hal ini memungkinkan para penulis termasuk Anda melakukan sedikit pekerjaan, dan mengurangi jumlah konsep yang dibutuhkan.  Bahkan ketika menciptakan hanya satu rancangan.
Snapshot ini dapat disesuaikan dan disusun kembali sampai halus dan kuat. Dengan merevisi garis komprehensif novel, Anda dapat merevisi 50 sampai 100 halaman. Bukan satu, dua, tiga atau bahkan empat kali revisi.
Panduan 30 hari mengajarkan Anda bagaimana bekerja lebih sistematis,  disiplin diri, menjadi penulis produktif, tidak peduli genre Anda atau tingkat pengalaman yang dimiliki. Anda seorang individu, mungkin memiliki metode tersendiri untuk mendapatkan pembelajaran, sambil membantu menjelaskan visi tentang cerita sebelum mulai menulis sampai rancangan akhir yang penuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar